Pembelajaran Berbasis Projek (Project-based
Learning)
Pembelajaran
Berbasis Projek (PBP) adalah kegiatan pembelajaran yang menggunakan
projek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada
aktivitas-aktivias peserta didik untuk menghasilkan produk dengan
menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan
mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk
yang dimaksud adalah hasil projek dalam bentuk desain, skema, karya
tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Pendekatan ini
memperkenankan pesera didik untuk bekerja secara mandiri maupun berkelompok
dalam menghasilkan produk nyata.
Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Projek
Langkah -1
Penentuan
projek
Guru bersama
dengan peserta didik menentukan tema/topik projek
Langkah -2
Perancangan
langkah-langkah penyelesaian projek
Guru
memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan
penyelesaian projek beserta pengelolaannya
Langkah
-3
Penyusunan
jadwal pelaksanaan projek
Guru
memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua
kegiatan yang telah dirancangnya
Langkah -4
Penyelesaian
projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
Guru
memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam melaksanakan
rancangan projek yang telah dibuat
Langkah -5
Penyusunan
laporan dan presentasi/publikasi hasil projek
Guru
memfasilitasi Peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil
karya
Langkah -6
Evaluasi
proses dan hasil projek
Guru
dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap
aktivitas dan hasil tugas projek.
No comments:
Post a Comment