Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-based Learning)
Pembelajaran Berbasis Masalah adalah
pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari
(otentik) yang bersifat terbuka (open-ended) untuk
diselesaikan oleh peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir,
keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk
belajar mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Pembelajaran
ini berbeda dengan pembelajaran konvensional yang jarang menggunakan masalah
nyata atau menggunakan masalah nyata hanya di tahap akhir pembelajaran sebagai
penerapan dari pengetahuan yang telah dipelajari. Pemilihan masalah nyata tersebut dilakukan atas pertimbangan kesesuaiannya
dengan pencapaian kompetensi dasar.
Berikut adalah langkah-langkah
PBM yang diadaptasi dari pendapat Arends (2012) dan Fogarty (1997).
Untuk dapat mengetahui langkah langkah tersebut, berikut kami sertakan dalam file word. Untuk dapat mendownloadnya silahkan click pada link di bawah ini.
Pembelajaran Berbasis Masalah
Terima Kasih dan selamat belajar.
No comments:
Post a Comment