RENCANA KERJA SEKOLAH
( RKS )
SEKOLAH DASAR INPRES WALAKIRI
KECAMATAN PANDAWAI
KABUPATEN SUMBA TIMUR
Tahun Pelajaran
2014/2015 sd 2017/2018
|
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN SUMBA TIMUR
2014
LEMBAR PENGESAHAN
Pada hari ini Senin tanggal 02 bulan Februari tahun Dua Ribu Lima Belas bertempat di SD Inpres Walakiri kami yang bertandatangan
di bawah ini mengesahkan Rencana Kerja Sekolah (RKS) melalui Rapat Pleno Sekolah. Rencana Kerja Sekolah
(RKS) ini telah disusun oleh Tim Pengembang Sekolah melalui proses demokratis dengan
mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat.
Tim Pengembang Sekolah
NO
|
NAMA
|
JABATAN DALAM TIM
|
TANDA TANGAN
|
|
1
|
Dominggus
Riwi,S.Pd
|
Pembina
|
1.
|
|
2
|
Mardiana
Chr. Dao Riwu, S.Pd
|
Ketua
|
2.
|
|
3
|
Abner
Dida
|
Wakil
Ketua
|
3.
|
|
4
|
Oktovianus
Kornelis Raba, S.Pd
|
Sekretaris
|
4.
|
|
5
|
Magdalena
Hana Rahik, A.Ma.Pd
|
Seksi
Standar Isi
|
5.
|
|
6
|
Yuliana
Mangi, S.Pd
|
Seksi
Standar Proses
|
6.
|
|
7
|
Welmince
Rade Bunga, A.Ma
|
Seksi
Standar Pengelolaan
|
7.
|
|
8
|
Thomas
Welem
|
Seksi
Standar Sarana Prasarana
|
8
|
|
9
|
Rosmeni
Harahap, S.Th
|
Seksi
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
9
|
|
10
|
Yusril
Hida Dimu
|
Seksi
Standar Kompetensi Lulusan
|
10
|
|
11
|
Yubliansi
Luys Djawa
|
Seksi
Standar
Penilaian
|
11
|
|
12
|
Elisabeth
Djami
|
Seksi
Standar
Pengelolaan
|
12
|
|
13
|
Nicolas
Ludji
|
Seksi
Standar Sarana Prasarana
|
13
|
|
14
|
Yunus
Dere Mone
|
Seksi
Standar
Isi
|
14
|
|
15
|
Ervina
Rosmida Yakub
|
Seksi
Standar
Pembiayaan
|
15
|
|
16
|
Esau
Dida
|
Seksi
Standar Sarana Prasarana
|
16
|
Ketua
Komite Sekolah,
Abner
Dida
|
Kepala Sekolah,
Mardiana Chr.
Dao Riwu, S.Pd
Nip. 19610315
198011 2 001
|
Mengetahui,
Pengawas
TK/SD Kecamatan Pandawai
Dominggus
Riwi, S.Pd
Nip.
19600214 198202 2 005
|
KATA PENGANTAR
Pemerintah Nomor
19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional
Pendidikan, Pasal 53
ayat (1) dinyatakan
bahwa setiap satuan
pendidikan dikelola atas dasar
rencana kerja tahunan yang
merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja
jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 (empat) tahun.
Lampiran Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan bahwa sekolah/madrasah wajib
membuat:
1. Rencana
Kerja Jangka Menengah
(RKJM) yang menggambarkan
tujuan yang akan dicapai
dalam kurun waktu empat
tahun yang berkaitan
dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen
yang mendukung peningkatan mutu lulusan.
2. Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang
dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
dilaksanakan berdasarkan Rencana
Kerja Jangka Menengah.
Tujuan utama penyusunan RKS
adalah agar sekolah/madrasah mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang
harus dilakukan sehingga
tujuan, kewajiban, dan
sasaran pengembangan
sekolah/madrasah dapat dicapai.
RKS juga menjamin
bahwa semua program dan
kegiatan yang dilakukan
untuk mengembangkan sekolah/madrasah sudah memperhitungkan harapan-harapan pemangku
kepentingan dan kondisi
nyata sekolah/ madrasah. Karena
itu proses penyusunan
RKS harus melibatkan
semua pemangku kepentingan.
Rencana Kerja Sekolah ini
dirancang secara partisipatif melibatkan beberapa pihak seperti Pengawas, Kepala Sekolah, Dewan Guru, Dan Komite Sekolah. Oleh karena itu,
disampaikan ucapan terima kasih atas segala sumbangan pemikiran demi
terselesaikannya dokumen ini.
Demikian, semoga
Rencana Kerja Sekolah/Madrasah ini bermanfaat bagi upaya sekolah mencapai 8
Standar Nasional Pendidikan.
Walakiri,
02 Februari 2015.
Kepala
Sekolah,
Mardiana
Chr. Dao Riwu, S.Pd
Nip.
19610315 198011 2 001
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................
PENGESAHAN
…………………………………………
KATA PENGANTAR …………………………………………….
DAFTAR ISI ……………………………………………………..
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………….
BAB II KONDISI
NYATA SEKOLAH/MADRASAH...........................
BAB III KONDISI SEKOLAH/MADRASAH YANG
DIHARAPKAN...
BAB IV RENCANA KEGIATAN JANGKA MENENGAH (PROGRAM,KEGIATAN,
DAN PENJADWALAN) ......
BAB V RENCANA
ANGGARAN SEKOLAH/MADRASAH ………….
BAB VI RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH/MADRASAH DAN
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN
SEKOLAH/MADRASAH
LAMPIRAN –
LAMPIRAN :
1.
RKJM
2.
RKT
3.
RKAS
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Peningkatan mutu pengelolaan
sekolah merupakan salah satu
pilar pokok pemberdayaan mutu
sekolah. Mutu pendidikan mengacu
pada standar yang
telah ditetapkan dalam
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19
Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan (SNP). Standar nasional pendidikan adalah
kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum
Negara Kesatuan Republik
Indonesia, berfungsi sebagai
dasar bagi perencanaan, pelaksanaan,
dan pengawasan pendidikan
pada setiap satuan
pendidikan dalam rangka mewujudkan
pendidikan nasional yang
bermutu. Seluruh upaya sekolah
diarahkan menuju terwujudnya 8 standar nasional pendidikan di sekolah atau
sekurangnya memenuhi Standar
Pelayanan Minimal (SPM).
Kegiatan mencapai standar yang diharapkan
perlu dirumuskan dalam bentuk perencanaan terfokus, pelaksanaan kegiatan
berbasis program, dan monitoring kendali mutu. Oleh karena itu sekolah perlu merumuskan Rencana Kerja
Sekolah sebagai salah satu upaya memperbaiki perencanaan sekolah menuju
terwujudnya sekolah yang mencapai SNP atau SPM.
Berdasarkan kerangka pikir di atas SD Inpres Walakiri menyusun Rencana Kerja Sekolah untuk dijadikan
landasan operasional penyelenggaraan sekolah.
B.
Tujuan
1.
Menjamin agar tujuan dan
sasaran sekolah/madrasah dapat dicapai;
2.
Mendukung koordinasi antar pelaku
sekolah/madrasah;
3.
Menjamin terciptanya
integrasi, sinkronisasi, dan
sinergi baik intra pelaku
di sekolah/madrasah, antar
sekolah/ madrasah, Disdik Kab/Kota/Provinsi, dan antar waktu;
4.
Menjamin keterkaitan
antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan dan
pengawasan;
5.
Mengoptimalkan partisipasi
warga sekolah/madrasah dan masyarakat;
6.
Menjamin penggunaan
sumber daya sekolah/madrasah yang ekonomis, efisien,
efektif, berkeadilan, berkelanjutan
serta memperhatikan kesetaraan gender.
.
C.
Landasan Hukum
A. UU Nomor
20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 51 ayat 1.
B. PP Nomor
19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 53 ayat 1.
C. PP
Nomor 17 Tahun
2010 tentang Pengelolaan
dan Penyelenggaraan Pendidikan, Pasal 51.
D. PP Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan
Pendidikan.
E. Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang
Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
D.
Manfaat
RKS diharapkan dapat meningkatkan manajemen dan tatalayanan sekolah dengan
indikator sbb.
1.
Proses
penyusunan secara partisipatif akan dapat:
· meningkatkan rasa memiliki terhadap
sekolah
· mendukung program yang telah direncanakan
bersama
· mendorong timbulnya partisipasi masyarakat
dalam cakupan yang lebih luas.
· menjadi wahana komunikasi antar pemangku
kepentingan
2. Implementasi RKS sebagai:
· kontribusi masyarakat dalam berbagai
bentuk
· pedoman kerja (kerangka acuan) dalam
mengembangkan sekolah/ madrasah;
·
dasar untuk
memonitor dan mengevaluasi
pelaksanaan pengembangan sekolah/ madrasah; serta
·
bahan acuan
untuk mengidentifikasi dan
mengajukan sumberdaya pendidikan
yang diperlukan dalam pengembangan sekolah/madrasah.
E.
Sistematika
- Pendahuluan
- Kondisi sekolah/madrasah saat ini.
- Kondisi sekolah/madrasah masa depan yang diharapkan.
- Program, kegiatan, dan Indikator Kinerja/RJM
- Rencana anggaran sekolah/madrasah.
- Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah dan Rencana kegiatan/ Anggaran Sekolah/Madrasah.
F.
Alur Penyusunan
Proses penyusunan RKS
dilakukan melalui tiga
alur proses kegiatan,
yakni: (1) persiapan, (2)
penyusunan RKS, dan (3) pengesahan, dan sosialisasi RKS.
Alur proses penyusunan RKS tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

BAB II
KONDISI SEKOLAH/MADRASAH
SAAT INI
A.
Hasil Evaluasi Diri Sekolah
Hasil
evaluasi diri merupakan kondisi nyata sekolah/madrasah saat ini yang perlu ditindaklanjuti agar mencapai standar nasional pendidikan.
Hasil evaluasi diri sekolah terhadap keterlaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan
di sekolah terlihat dalam tabel berikut.
No
|
Standar
|
Hasil Evaluasi
Diri Sekolah
|
Kesenjangan/
Rekomendasi
|
1.
|
Standar Isi
|
Kekuatan:
1.
Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan
panduan yang disusun BSNP pada semua kelompok pelajaran
2.
Kurikulum sudah dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik daerah,
kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan
kebutuhan pembelajaran
3.
Kurikulum telah menunjukkan adanya alokasi waktu, rencana program
remedial, dan pengayaan bagi peserta didik
4.
Sekolah sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra kurikuler untuk
memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik
5.
Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) dan Panduan KTSP
Kelemahan:
1.
Struktur Kurikulum
masih belum maksimal terutama untuk pengembangan diri
2.
Dokumen kurikulum
masih belum semua mapel dan dijadikan
rujukan untuk sekolah lain
3.
Pengembangan diri
masih belum berorientasi untuk pengembangan kariri dan kasus pada setiap
individu peserta didik
4.
Sekolah masih belum menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk
memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik yang terkait dengan
bakat,minat,jender dan evaluasi serta tindak lanjut
5.
SKL masih belum memenuhi tuntutan global yang memiliki daya saing
nasional dan internasional
|
1.
Perlu melakukan review dan perbaikan struktur
kurikulum untuk pengembangan diri, dan
mengadopsi pengembangan dari sekolah maju
2.
Perlu membuat rencana Program remidial dan
pengayaan bagi peserta didik
3.
Perlu mengembangkan kurikulum yang bisa
dijadikan rujukan sekolah lain yang setingkat dan melengkapi silabus semua
mapel.
4.
Agar diadakan seleksi bakat dan minat untuk
pengembangan diri peserta didik sesuai kegiatan ekstra kurikuler yang
dikembangkan sekolah.
5.
Perlu mengembangkan Ekstrakurikuler Karate di
sekolah
6.
Perlu mengembangkan Ektrakurikuler Pramuka di
sekolah
7.
Perlu mengembangkan Ektrakurikuler Kesenian di
sekolah
8.
Perlu merumuskan SKL yang bisa menjawab tuntutan global yang memiliki
daya saing nasional dan internasional
|
2.
|
Standar Proses
|
Kekuatan:
1. Silabus dikembangkan berdasarkan
Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Panduan KTSP
2. Muatan komponen dalam silabus sudah digunakan sebagai acuan pengembangan RPP
3. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
sudah disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran
4. RPP sudah memperhatikan beberapa
perbedaan peserta didik
5. Para guru melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan,
dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
Kelemahan:
1.
Silabus masih
mengadopsi terbitan BSNP
2.
Pengembangan
silabus belum dilakukan secara mandiri,kelompok mapel,yang mengadosi dari
sekolah maju
3.
Belum ada review
RPP yang dilakukan secara mandiri yang terkait dengan perbedaan individu dan pemanfaatan
IT
4.
Pada penyusunan
RPP masih belum memenuhi tuntutan minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional,
gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar
5.
Pada proses
pembelajaran masih belum memberikan permasalahan yang kontekstual yang
memperkaya modelpembelajaran yang inovatif darisekolah unggulan serta
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
|
1.
Perlu
pengembangan silabus secara mandiri,kelompokmapeldan kelas pada tingkat gugus
2.
Dibutuhkan review
dan pengembangan silabus dengan
keseuaian komponennya serta memasukkan pendidikan karakter bangsa
3.
Sekolah kam perlu mereview
RPP secara mandiri
4.
Agar ada review
penyusunan RPP yang dapat memenuhi tuntutan minat, bakat, motivasi belajar, potensi,
kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar
5.
Diperlukan
pelatihan guru dalam hal pemberian permasalahan yang kontekstualpada kegiatan
pembelajaran yang memperkaya model
pembelajaran yang inovatif darisekolah unggulan serta pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi.
|
3.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kekuatan:
1.
Hasil ujian nasional
peserta didik mengalami peningkatan.
2.
Peserta didik memperkaya
pengetahuan dari perpustakaan.
3.
Jumlah guru kelas sama
dengan rombongan belajar.
4.
Kegiatan ekstra
kurikuler telah teorganisir melalui dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,
dan tindak lanjut.
Kelemahan:
1.
Pada mata pelajaran Matematika dan ilmu
pengetahuan Alam belum mengalami
peningkatan secara konsisten dari target SKL.
2.
Hasil ujian nasional
peserta didik belum mengalami
peningkatan yang signifikan.
3.
Peserta didik belum
memperkaya pengetahuan dari internet,surat kabar, majalah.
4.
Keterampilan
hidup melalui kegiatan ekstrakurikuler melalui koperasi sekolah, kantin sekolah, dan
apotik hidup belum dilaksanakan
5.
Motivasi Mandiri Peserta
Didik perlu ditingkatkan
|
1.
Meningkatkan nilai Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alamdengan memperbaiki pembelajaran.
2.
Meningkatkan kegiatan les
tambahan pada siswa kelas VI
3.
Memperkaya pengetahuan siswa
melalui surat kabar, majalah.
4.
Memasukkan muatan lokal
pilihan bahasa Inggris dalam struktur program.
|
4.
|
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
Kekuatan :
1.
Ada petugas layanan khusus
(penjaga sekolah).
2.
Penerapan
nilai agama dan budaya melalui pembelajaran di kelas, ekstra kurikuler,
penugasan, lomba/ kompetisi, kegiatan kemasyarakatan.
3.
Kepala sekolah bersertifikat kepala SD dan
mengajar minimal 5 tahun.
Kelemahan:
1.
Jumlah guru kelas belum sesuai dengan
keperluan.
2.
Belum tersedia petugas layanan
khusus.
3.
Persentase guru
berkualifikasi minimal D4/S1 < 66 %
4.
Belum semua guru mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
5.
Belum ada pengelola
perpustakaan.
6.
Belum ada Guru
Olahraga
|
1.
Menambah guru mata pelajaran,
mengajukan ke dinas/ mengangkat guru honorarium.
2.
Menyediakan guru untuk
menangani siswa yang berkebutuhan khsus.
3.
Meningkatkan presentasi guru
yang berkualifikasi D4/S1 dari < 66 % menjadi 100 % , dengan memberi
kesempatan belajar/kuliah.
4.
Mengikutsertakan guru dalam pelatihan
pengembangan keprofesian.
5.
Menyediakan Guru Olahraga
6.
Mengangkat tenaga penelola
perpustakaan
|
5.
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
Kekuatan :
1.
Kekuatan Rasio luas lahan terhadap peserta didik sesuai standar
2.
Lahan memiliki status hak
atas tanah, dan/atau ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah yang
berlaku minimum 20 tahun.
3.
Rasio luas lantai bangunan
terhadap peserta didik sesuai standar.
4.
Bangunan gedung dilengkapi
dengan ijin mendirikan bangunan dan ijin penggunaan.
Kelemahan:
1.
Jamban sekolah mengalami kerusakan
2.
Setiap ruang kelas belum dilengkapi dengan sarana
pembelajaran berbasis TIK.
3.
Ruang tempat
bermain/olahraga belum ada..
4.
Ruang komputer dan
internet belum ada.
|
1.
Pengadaan ventilasi udara dan
pencahayaan yang memadai.
2.
Membuat jamban sekolah.
3.
Melengkapi sarana
pembelajaran berbasis TIK di setiap ruang kelas.
4.
Pengadaan tempat bermaian dan
olah raga.
5.
Pengadaan ruang komputer
6.
Melakukan perbaikan / rehab
7.
Pengadaan ruang olahraga
|
6.
|
Standar Pengelolaan
|
Kekuatan:
1.
Kinerja pengelolaan sekolah sudah berdasarkan kerja tim dan kemitraan
yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak
2.
Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemitraan, partisipasi,
keterbukaan, dan akuntabilitas
3.
Pelaksanaan RKAS
sudah dilaporkan kepada pihak terkait
(Dinas Pendidikan, Komite Sekolah, dan warga sekolah)
4.
Sekolah telah
menetapkan TPS
Kelemahan:
1.
TPS ditetapkan
(dengan SK) termasuk perumusan Visi dan Misi sekolah
2.
Rencana kerja sekolah masih
belum mencantumkan tujuan yang jelas dengan rincian target
sasaran setiap tahun
|
1.
Perlu pembentukan Tim
Pengembang Sekolah (TPS) yang di SK-kan
2.
Sekolah perlu menigkatkan
kemitraan dengan pihak lain untuk
peningkatan mutu
3.
Sekolah perlu mereview
perumusan tujuan sekolah yang berdasarkan Visi dan Misis yang jelas
|
7.
|
Standar Pembiayaan
|
Kekuatan:
1.
Sekolah
merencanakan keuangan sesuai standardengan menyusun Anggaran sekolah dirumuskan merujuk
peraturan pemerintah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten sesuai
pedoman BOS
2.
Sudah ada Alokasi dana sekolah untuk pengembangan SDM yang terkait dengan modal
kerja, belanja pegawai, alat tulis kantor dan bahan-bahan praktik
3.
Sekolah
sudah menyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan,
efisien, dan akuntabel
Kelemahan:
1.
Bentuk
penerimaan bantuan sekolah belum ada
dari pihak lain selain BOS
2.
Sekolah belum memiliki media transparansi yang
mudah untuk di akses oleh sakeholders
3.
Sekolah
belum memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
|
1.
Sekolah perlu
memiliki kapasitas penggalian dana diluar BOS
2.
Sekolah perlu
membangun media komunikasi yang transparan dengan semua pihak yang berkepentingan
3. Sekolah Menyediakan Papan Informasi
|
8.
|
Standar Penilaian
|
Kekuatan:
1.
Guru sudah mengembangkan
rancangan dan kriteria penilaian yang ada dalam silabus
2.
Guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk
dan teknik penilaian
3.
Guru sudah melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana
yang telah dibuat
Kelemahan:
1.
Guru masih belum meyusun
kisi-kisi soal sebagai pedoman
2.
Belum semua guru memahami dalam menyusun butir tes sesuai kriteria
penulisan soal.
3.
Belum semua guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai
kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada waktu merancang dan melaksanakanulangan
|
1.
Perlu pelatihan guru dalam penyusunan kisi-kisi
2.
Perlu pelatihan guru dalam penyusunan
soal sesuai
dengan kriteria penulisannya
3.
Sekolah perlu membuat rencana
program remidial dan pengayaan bagi peserta didik
|
B.
Tantangan
Keterbatasan sekolah baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dana, dan waktu,
tidak mungkin seluruh rekomendasi atau kesimpulan profil sekolah dapat ditindaklanjuti. Berdasarkan
hasil musyawarah Tim Pengembang Sekolah dengan mempertimbangkan kebutuhan,
skala prioritas, dan ketersediaan sarana pendukung, ditetapkan beberapa
tantangan yang akan dilakukan yaitu:
1.
Perlu
melakukan review dan perbaikan struktur kurikulum untuk pengembangan diri, dan mengadopsi pengembangan dari sekolah maju
2.
Perlu
membuat rencana program remidial dan pengayaan bagi peserta didik
3.
Perlu
mengembangkan kurikulum yang bisa dijadikan rujukan sekolah lain yang setingkat
dan melengkapi silabus semua mapel.
4.
Perlu
mengembangkan ekstrakurikuler karate di sekolah
5.
Perlu
mengembangkan ektrakurikuler pramuka di sekolah
6.
Perlu
mengembangkan ektrakurikuler kesenian di sekolah
7.
Perlu merumuskan skl yang bisa menjawab
tuntutan global yang memiliki daya saing nasional dan internasional
8.
Dibutuhkan review
dan pengembangan silabus dengan
keseuaian komponennya serta memasukkan pendidikan karakter bangsa
9.
Sekolah
kami perlu mereview RPP secara mandiri
10. Meningkatkan
kegiatan les tambahan pada siswa kelas VI
11. Meningkatkan
presentasi guru yang berkualifikasi D4/S1 dari < 66 % menjadi 100 % , dengan
memberi kesempatan belajar/kuliah.
12. Mengikutsertakan
guru dalam pelatihan pengembangan keprofesian.
13. Menyediakan guru
olahraga
14. Mengangkat
tenaga pengelola perpustakaan
15. Memperbaiki jamban
sekolah.
16. Melengkapi
sarana pembelajaran berbasis tik di setiap ruang kelas.
17. Pengadaan tempat
bermaian dan olah raga.
18. Pengadaan ruang
komputer
19. Pengadaan ruang
olahraga
BAB III
KONDISI SEKOLAH YANG
DIHARAPKAN
A.
Visi : Unggul dalam Prestasi, Terampil, Beriman dan
Berbudaya
B.
Misi :
1.
Mengembangkan Manajemen Berbasis
Sekolah yang tangguh;
2.
Meningkatkan keterampilan, bakat,
dan minat peserta didik melalui bimbingan ekstrakurikuler yang bermutu;
3.
Memenuhi fasilitas sekolah yang
relevan, mutakhir, dan berwawasan ke depan;
4.
Memperkokoh nilai-nilai agama
untuk seluruh warga sekolah;
5.
Meningkatkan kedisiplinan,
tanggung jawab, kejujuran, percaya diri, solidaritas, dan semangat untuk
berkompetisi pada warga sekolah;
6.
Memperkokoh nilai-nilai agama
untuk seluruh warga sekolah;
7.
Meningkatkan pemahaman,
penghayatan, dan pengamalan keagamaan bagi warga sekolah;
C.
Tujuan :
Pada tahun tahun
pelajaran 2017-2018 :
1.
Meningkatkan rata-rata
nilai ujian untuk semua mata pelajaran.
2.
Meningkatkan
kriteria ketuntasan minimal di semua kelas .
3.
Mewujudkan
regu pramuka yang dapat menjuarai lomba pramuka di tingkat kabupaten.
4.
Mewujudkan
group tari daerah yang mampu menjuarai lomba di tingkat kecamatan.
5.
Mewujudkan
sekolah sehat yang mampu menjuarai UKS di tingkat kecamatan.
D.
Sasaran/Target
Pencapaian
NO
|
KEGIATAN
|
Kondisi
|
SASARAN/ TARGET PENCAPAIAN
|
|||
Th 2013/2014
|
Th. 2014/2015
|
Th. 2015/2016
|
Th. 2016/2017
|
Th. 2017/2018
|
||
1.
|
Peningkatkan nilai rata-rata ujian nasional.
|
68,00
|
70,00
|
72,00
|
74,00
|
75,00
|
2.
|
Peningkatkan kriteria ketuntasan minimal sekolah.
|
70
|
71
|
72
|
74
|
75
|
3.
|
Regu pramuka yang dapat menjuarai lomba pramuka di tingkat kebupaten.
|
Peringkat
20
|
Peringkat
15
|
Masuk
10 besar
|
Masuk
5 besar
|
Juara
I
|
4.
|
Group tari daerah yang mampu menjuarai lomba di tingkat kecamatan.
|
Peringkat
25
|
Peringkat
15
|
Masuk
10 besar
|
Masuk
5 besar
|
Juara
I
|
5.
|
Sekolah bisa menjuari lomba UKS di tingkat
kecamatan.
|
-
|
Peringkat
20
|
Peringat
15
|
Masuk
10 besar
|
Masuk
5 besar
|
BAB IV
RENCANA KEGIATAN JANGKA
MENENGAH
( PROGRAM, KEGIATAN, DAN PENJADWALAN )
Program
|
Kegiatan
|
Penanggungjawab
|
Jadwal
|
|||||||
2014/
2015
|
2015/
2016
|
2016/
2017
|
2017/
2018
|
|||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|||
1. Pengembangan kurikulum/KTSP
|
Telaah kurikulum:
ü
Review
Struktur Kurikulum
|
Kapala Sekolah.
|
V
|
ü V
|
V
|
V
|
V
|
|||
ü
Pemetaan
Kurikulum ( Prota, Promes )
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||||||
ü
Pengembangan
Silabus dengan Pendidikan karakter bangsa
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||||||
ü
Review RPP.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Membuat
Program Remidial dan Pengayaan
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
2. Pengembangan pembelajaran
|
Meningkatkan Kriteria Ketuntasan Minimal Sekolah:
ü
Mengikutsetakan
guru dalam Pengembangan Keprofesian
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Meningkatkan pelaksanaan PAKEM.
|
Kepala Sekolah.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Melengkapi
buku-buku pelajaran.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Memantau belajar kelompok.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
Meningkatkan Kebersihan Dan Kesehatan Sekolah:
ü
Membentuk
TIM Dokter kecil.
|
Guru Olah Raga
|
V
|
V
|
|||||||
ü
Membentuk TIM UKS.
|
Guru Olah Raga
|
V
|
V
|
|||||||
ü
Mendatangkan
tenaga Kesehatan ke sekolah
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
3. Pengembangan kompetensi lulusan
|
Meningkatkan nilai rata-rata UNAS:
ü
Mengadakan Les
Tambahan bagi siswa kelas VI.
|
Guru kelas VI
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Mengkarantina
siswa kelas VI dalam menghadapi UNAS.
|
Guru kelas VI.
|
-
|
V
|
-
|
V
|
-
|
V
|
-
|
V
|
|
4. Pengembangan pendidik dan tenaga
kependidikan
|
Penambahan tenaga pengajar dan pelatih :
ü
Mengangkat
guru honorarium kelas.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Mengajukan
tambahan guru kepada dinas Pendidikan.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
||||||||
ü
Mengangkat tenaga pelatih Pramuka.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih seni Tari.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih Karate.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
5. Pengembangan sarana dan prasarana
sekolah/madrasah
|
Meningkatkan kriteria ketuntasan minimal
sekolah:
ü
Pengadaan
buku-buku penunjang
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Menambah
alat peraga IPA , IPS, Matematika
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
Meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan
sekolah:
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Memperbaiki
jamban sekolah.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Pengadaan
tempat pembuangan sampah.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
6. Pengembangan manajemen sekolah
|
ü
Penyusunan
Laporan EDS/RKAS
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Pengadaan
sarana pendukung perkantoran
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Pengadaan
laptop
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
7. Pengembangan sistem Pembiayaan
|
ü
Penyusunan
RAPBS
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Penyusunan
Laporan BOS
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Pembiayaan
data online ( Dapodik, Padamu Negri )
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Konsumsi
Guru
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Pembiayaan
Listrik dan Modem
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
8. Pengembangan Sistem Penilaian
|
ü
Penyusunan
Soal UTS/UAS
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Koreksi
Soal
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Analisis
nilai
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
BAB V
RENCANA ANGGARAN
SEKOLAH/MADRASAH
A. Rencana Pembiayaan
Program
|
Kegiatan
|
Penanggungjawab
|
Jadwal
|
|||
2014/
2015
|
2015/
2016
|
2016/
2017
|
2017/
2018
|
|||
1. Pengembangan kurikulum/KTSP
|
Telaah kurikulum:
ü
Review
Struktur Kurikulum
|
Kapala Sekolah.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Pemetaan
Kurikulum ( Prota, Promes )
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Pengembangan
Silabus dengan Pendidikan karakter bangsa
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Review RPP.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
ü
Membuat
Program Remidial dan Pengayaan
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
2. Pengembangan pembelajaran
|
Meningkatkan Kriteria Ketuntasan Minimal
Sekolah:
ü
Mengikutsetakan
guru dalam Pengembangan Keprofesian
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Meningkatkan pelaksanaan PAKEM.
|
Kepala Sekolah.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Melengkapi
buku-buku pelajaran.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Memantau belajar kelompok.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
Meningkatkan Kebersihan Dan Kesehatan Sekolah:
ü
Membentuk
TIM Dokter kecil.
|
Guru Olah Raga
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Membentuk TIM UKS.
|
Guru Olah Raga
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mendatangkan
tenaga Kesehatan ke sekolah
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
3. Pengembangan kompetensi lulusan
|
Meningkatkan nilai rata-rata UNAS:
ü
Mengadakan Les
Tambahan bagi siswa kelas VI.
|
Guru kelas VI
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Mengkarantina
siswa kelas VI dalam menghadapi UNAS.
|
Guru kelas VI.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
4. Pengembangan pendidik dan tenaga
kependidikan
|
Penambahan tenaga pengajar dan pelatih :
ü
Mengangkat
guru honorarium kelas.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Mengajukan
tambahan guru kepada dinas Pendidikan.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih Pramuka.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih seni Tari.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih Karate.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
5. Pengembangan sarana dan prasarana
sekolah/madrasah
|
Meningkatkan kriteria ketuntasan
minimal sekolah:
ü Pengadaan buku-buku penunjang
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü Menambah alat peraga IPA , IPS, Matematika
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
Meningkatkan kebersihan dan
kesehatan lingkungan sekolah:
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Memperbaiki jamban sekolah.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Pengadaan tempat pembuangan sampah.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
6. Pengembangan manajemen sekolah
|
ü Penyusunan Laporan EDS/RKAS
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü Pengadaan sarana pendukung perkantoran
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Pengadaan laptop
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
7. Pengembangan sistem Pembiayaan
|
ü Penyusunan RAPBS
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü Penyusunan Laporan BOS
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Pembiayaan data online ( Dapodik, Padamu Negri )
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Konsumsi Guru
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Pembiayaan Listrik dan Modem
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
8. Pengembangan Sistem Penilaian
|
ü Penyusunan Soal UTS/UAS
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü Koreksi Soal
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Analisis nilai
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
B. Rencana Penerimaan
No
|
Sumber Dana
|
Besar dana per siswa
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
||||
Perkiraan jml
siswa
|
Besar
Penerimaan
|
Perkiraan jml
siswa
|
Besar
Penerimaan
|
Perkiraan jml
siswa
|
Besar
Penerimaan
|
Perkiraan jml
siswa
|
Besar
Penerimaan
|
|||
1.
|
Bantuan Operasional Sekolah
|
Rp.800.000,- /tahun
|
106
|
Rp. 84.800.000,-
|
110
|
Rp. 88.000.000,-
|
115
|
Rp. 92.000.000,-
|
120
|
Rp. 96.000.000,-
|
BAB VI
RENCANA KERJA TAHUNAN
SEKOLAH ( RKTS )
DAN
RENCANA KEGIATAN DAN
ANGGARAN SEKOLAH ( RKAS )
A. Rencana Kerja Tahun (RKT) 2014/2015
Program
|
Kegiatan
|
BIAYA
|
|||
2014/
2015
|
2015/
2016
|
2016/
2017
|
2017/
2018
|
||
1. Pengembangan kurikulum/KTSP
|
Telaah kurikulum:
ü Review Struktur Kurikulum
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
ü Pemetaan Kurikulum ( Prota, Promes )
|
325.000
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
|
ü Pengembangan Silabus dengan Pendidikan karakter
bangsa
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
ü Review RPP.
|
1.500.000
|
2.000.000
|
2.500.000
|
3.000.000
|
|
ü Membuat Program Remidial dan Pengayaan
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
2. Pengembangan pembelajaran
|
Meningkatkan Kriteria Ketuntasan
Minimal Sekolah:
ü Mengikutsetakan guru dalam Pengembangan
Keprofesian
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
ü Meningkatkan
pelaksanaan PAKEM.
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
ü Melengkapi buku-buku pelajaran.
|
4.500.000
|
5.000.000
|
6.500.000
|
7.000.000
|
|
ü Memantau
belajar kelompok.
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
Meningkatkan Kebersihan Dan
Kesehatan Sekolah:
ü Membentuk TIM Dokter kecil.
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
ü Membentuk
TIM UKS.
|
200.000
|
400.000
|
500.000
|
1.000.000
|
|
ü Mendatangkan tenaga Kesehatan ke sekolah
|
400.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
3. Pengembangan kompetensi lulusan
|
Meningkatkan nilai rata-rata UNAS:
ü Mengadakan Les Tambahan bagi siswa kelas VI.
|
2.000.000
|
3.000.000
|
4.500.000
|
5.000.000
|
ü Mengkarantina siswa kelas VI dalam menghadapi
UNAS.
|
5.000.000
|
6.000.000
|
7.500.000
|
8.000.000
|
|
4. Pengembangan pendidik dan tenaga
kependidikan
|
Penambahan tenaga pengajar dan
pelatih :
ü Mengangkat guru honorarium kelas.
|
3.600.000
|
4.800.000
|
5.200.000
|
6.400.000
|
ü Mengangkat
tenaga pelatih Pramuka.
|
600.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
ü Mengangkat
tenaga pelatih seni Tari.
|
1.200.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
|
ü Mengangkat
tenaga pelatih Karate.
|
1.200.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
2.400.000
|
|
5. Pengembangan sarana dan prasarana
sekolah/madrasah
|
Meningkatkan kriteria ketuntasan
minimal sekolah:
ü Pengadaan buku-buku penunjang
|
2.500.000
|
3.000.000
|
4.500.000
|
6.000.000
|
ü Menambah alat peraga IPA , IPS, Matematika
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
Meningkatkan kebersihan dan
kesehatan lingkungan sekolah:
ü Memperbaiki jamban sekolah.
|
1.500.000
|
2.000.000
|
3.500.000
|
4.000.000
|
|
ü Pengadaan tempat pembuangan sampah.
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
6. Pengembangan manajemen sekolah
|
ü Penyusunan Laporan EDS/RKAS
|
1.500.000
|
2.000.000
|
3.500.000
|
4.000.000
|
ü Pengadaan sarana pendukung perkantoran
|
5.000.000
|
6.000.000
|
7.500.000
|
8.000.000
|
|
ü Pengadaan laptop
|
600.000
|
7.000.000
|
8.500.000
|
9.000.000
|
|
7. Pengembangan sistem Pembiayaan
|
ü Penyusunan RAPBS
|
2.500.000
|
3.000.000
|
4.500.000
|
5.000.000
|
ü Penyusunan Laporan BOS
|
1.200.000
|
2.000.000
|
3.500.000
|
4.000.000
|
|
ü Pembiayaan data online ( Dapodik, Padamu Negri )
|
1.200.000
|
2.000.000
|
3.500.000
|
4.000.000
|
|
ü Konsumsi Guru
|
800.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
3.000.000
|
|
ü Pembiayaan Listrik dan Modem
|
2.500.000
|
3.000.000
|
3.500.000
|
4.000.000
|
|
8. Pengembangan Sistem Penilaian
|
ü Penyusunan Soal UTS/UAS
|
3.000.000
|
5.000.000
|
6.500.000
|
8.000.000
|
ü Koreksi Soal
|
500.000
|
1.000.000
|
1.500.000
|
2.000.000
|
|
ü Analisis nilai
|
3.000.000
|
5.000.000
|
6.500.000
|
8.000.000
|
|
TOTAL
|
84.800.000
|
88.000.000
|
92.000.000
|
96.000.000
|
C.
Program
|
Kegiatan
|
Indikator Keberhasilan
|
Penanggung jawab
|
Jadwal
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
A. Program Strategis
1.
Pengembangan kurikulum/KTSP
|
Telaah kurikulum:
ü
Review
Struktur Kurikulum
|
Agar memiliki Struktur Kurikulum yang direvisi
|
Kepala Sekolah.
|
V
|
|||
ü
Pemetaan
Kurikulum ( Prota, Promes )
|
Agar memiliki Kurikulum
yang direvisi
|
V
|
V
|
||||
ü
Pengembangan
Silabus dengan Pendidikan karakter bangsa
|
Agar memiliki Silabus
yang direvisi
|
V
|
V
|
||||
ü
Review RPP.
|
Agar memiliki RPP yang
direvisi
|
V
|
V
|
||||
ü
Membuat
Program Remidial dan Pengayaan
|
Agar memiliki Program
Remidial dan Pengayaan
|
V
|
V
|
||||
2. Pengembangan pembelajaran
|
Meningkatkan Kriteria Ketuntasan Minimal
Sekolah:
ü
Mengikutsetakan
guru dalam Pengembangan Keprofesian
|
Agar memiliki guru yang
profesional
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Meningkatkan pelaksanaan PAKEM.
|
Agar terlaksananya
PAKEM
|
Kepala Sekolah.
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Melengkapi
buku-buku pelajaran.
|
Agar memiliki buku-buku
pelajaran.
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
|||
ü
Memantau belajar kelompok.
|
Agar siswa memiliki
kelompok belajar
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
|||
Meningkatkan Kebersihan Dan Kesehatan Sekolah:
ü
Membentuk
TIM Dokter kecil.
|
Agar memiliki TIM Dokter kecil.
|
Guru Olah Raga
|
V
|
||||
ü
Membentuk TIM UKS.
|
Agar memiliki Tim UKS
|
Guru Olah Raga
|
V
|
||||
ü
Mendatangkan
tenaga Kesehatan ke sekolah
|
Agar kesehatan siswa terpantau
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
3. Pengembangan kompetensi lulusan
|
Meningkatkan nilai rata-rata UNAS:
ü
Mengadakan Les
Tambahan bagi siswa kelas VI.
|
Agar meningkatkan nilai UN siswa
|
Guru kelas VI
|
V
|
V
|
||
ü
Mengkarantina
siswa kelas VI dalam menghadapi UNAS.
|
Agar meningkatkan nilai UN siswa
|
Guru kelas VI.
|
V
|
||||
4. Pengembangan pendidik dan tenaga
kependidikan
|
Penambahan tenaga pengajar dan pelatih :
ü
Mengangkat
guru honorarium kelas.
|
Agar seluruh kelas memiliki guru
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih Pramuka.
|
Agar ada pelatihan pramuka
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih seni Tari.
|
Agar ada pelatihan tari
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü
Mengangkat tenaga pelatih Karate.
|
Agar ada pelatihan karate
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
5. Pengembangan sarana dan prasarana
sekolah/madrasah
|
Meningkatkan kriteria ketuntasan
minimal sekolah:
ü Pengadaan buku-buku penunjang
|
Agar rasio buku
terpenuhi
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
||
ü Menambah alat peraga IPA , IPS, Matematika
|
Agar memiliki alat
peraga
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
|||
Meningkatkan kebersihan dan
kesehatan lingkungan sekolah:
ü Memperbaiki jamban sekolah.
|
Agar jamban terpelihara
|
Kepala Sekolah
|
V
|
||||
ü Pengadaan tempat pembuangan sampah.
|
Agar lokasi sekolah
bersih
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
|||
6. Pengembangan manajemen sekolah
|
ü Penyusunan Laporan EDS/RKAS
|
Agar sekolah memiliki
program kerja
|
Kepala Sekolah
|
V
|
|||
ü Pengadaan sarana pendukung perkantoran
|
Agar lancarnya kegiatan
di sekolah
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Pengadaan laptop
|
Agar lancarnya kegiatan
administrasi di sekolah
|
Kepala Sekolah
|
V
|
||||
7. Pengembangan sistem Pembiayaan
|
ü Penyusunan RAPBS
|
Agar sekolah memiliki
RAPBS
|
Kepala Sekolah
|
V
|
|||
ü Penyusunan Laporan BOS
|
Agar tersedianya
laporan
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Pembiayaan data online ( Dapodik, Padamu Negri )
|
Agar tersajinya data
online
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Konsumsi Guru
|
Agar tersedianya
konsumsi bagi guru
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Pembiayaan Listrik dan Modem
|
Agar tersedianya daya
listrik
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
8. Pengembangan Sistem Penilaian
|
ü Penyusunan Soal UTS/UAS
|
Agar tersusunnya soal
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
ü Koreksi Soal
|
Agar terkoreksinya soal
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
ü Analisis nilai
|
Agar di analisisnya
nilai
|
Kepala Sekolah
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|||||||
1.
Belanja
pegawai
|
|||||||
2.
Belanja
barang dan jasa
|
|||||||
3.
Belanja
modal
|
|||||||
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
(RKAS)
TAHUN : 2014/2015
Sekolah : SD Inpres Walakiri
|
Kecamatan : Pandawai
Kabupaten/Kota : Sumba Timur
PENERIMAAN
|
PENGELUARAN/BELANJA
|
||||||
Nomor
Urut
|
Nomor
Kode
|
Uraian
|
Jumlah
|
Nomor
Urut
|
Nomor
Kode
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
I
|
1
|
SISA
TAHUN LALU
|
I.
|
1.
|
PROGRAM SEKOLAH
|
||
1.1.
|
Pengembangan Kompetensi
Lulusan
|
||||||
II
|
2
|
PENDAPATAN RUTIN
|
1.2.
|
Pengembangan KTSP
|
|||
1.1.
|
Gaji
PNS
|
1.3.
|
Pengembangan Proses
Pembelajaran
|
||||
1.2.
|
Gaji Pegawai Tidak Tetap
|
1.4.
|
Pengembangan Pendidik
dan Tenaga Kependidikan
|
||||
1.3.
|
Belanja Barang dan Jasa
|
1.5.
|
Pengembangan Sarana
dan Prasarana Sekolah
|
||||
1.4.
|
Belanja Pemeliharaan
|
1.6.
|
Pengembangan dan
Implementasi Manajemen Sekolah
|
||||
1.5.
|
Belanja Lain - lain
|
1.7.
|
Pengembangan dan
Penggalian Sumber Dana Pendidikan
|
||||
1.8.
|
Pengembangan dan
Implementasi Sistem Penilaian
|
||||||
III
|
3
|
BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)
|
|||||
3.1.
|
BOS Pusat
|
II
|
2.
|
BELANJA LAINNYA
|
|||
3.2.
|
BOS Propinsi
|
1.1.
|
Belanja Pegawai
|
||||
3.3.
|
BOS Kabupaten
|
2.2.
|
Belanja Barang dan
Jasa
|
||||
2.3.
|
Belanja Modal
|
||||||
IV
|
4
|
BANTUAN
|
2.4.
|
Belanja Lainnya
|
|||
4.1.
|
Dana Dekonsentrasi
|
||||||
4.2.
|
Dana Tugas Pembantuan
|
||||||
4.3.
|
Dana Alokasi Khusus
|
||||||
4.4.
|
Dana Bantuan lain - lain
|
||||||
V
|
5
|
PENDAPATAN ASLI
SEKOLAH
|
|||||
5.1.
|
|||||||
5.2.
|
|||||||
Jumlah Penerimaan
|
Jumlah Pengeluaran
|
Ketua
Komite Sekolah,
Abner
Dida
|
Kepala
Sekolah,
Mardiana Chr.
Dao Riwu, S.Pd
Nip. 19610315
198011 2 001
|
Dibuat Oleh,
Penanggungjawab
Kegiatan
Oktovianus
Kornelis Raba, S.Pd
Nip. 19801027 201001 1 012
|
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Sekolah perlu mengarahkan seluruh daya
untuk mencapai 8 standar nasional pendidikan sebagai indikator ideal
penyelenggaraan sekolah yang baik. Manajemen Sekolah menuju terciptanya
penyelenggaraan sekolah yang baik perlu dilakukan menggunakan prinsip
transparan, partisipatif, akomodatif dan demokratis agar dapat menjamin akuntabilitas publik.
2. Pengelolaan sekolah diawali dengan
perencanaan Rencana Kerja Sekolah yang memuat rencana jangka menengah (4
tahun). Rencana jangka menengah ini setiap tahun dijabarkan lebih rinci dalam
Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang didukung oleh rencana kegiatan dan anggaran
sekolah (RKAS). Ketepatan perencanaan akan mampu mengarahkan kegiatan kepada
fokus kegiatan yang dicita-citakan.
3. Dukungan stakeholder pendidikan utamanya
para orangtua murid yang bernaung dalam wadah komite sekolah merupakan andil
besar perencanaan, monitoring pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan yang
dilakukan sekolah. Seluruh kegiatan tersebut diletakkan pada upaya pewujudan
visi, misi, tujuan, sasaran, dan target yang diinginkan bersama pihak sekolah.
4. Sumbangan dana tenaga dan pikiran dari
semua pihak mutlak diperlukan untuk kemajuan proses pendidikan di sekolah
5. RKS, RKT, dan RKAS menjadi pedoman
penuntun bagi seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan sekolah dalam
kurun waktu 4 tahun.
B.
Saran
1. Keberhasilan pencapaian tujuan merupakan
keberhasilan semua pihak, oleh karena itu diharapkan adanya dukungan nyata dari
seluruh pihak terkait agar mendukung keterlaksanaan Rencana Kerja Sekolah ini.
2. Pada tataran praktik pelaksanaan program,
diharapkan adanya saran konstruktif apabila terdapat kekeliruan atau
penyimpangan dalam penggunaan dokumen ini.
Demikian Rencana Kerja Sekolah
(RKS) ini disusun untuk digunakan sebagai
panduan dan pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan sekolah
selama 4
(empat) tahun ke depan.
Semoga kegiatan ini Tuhan Yang
Maha Esa membimbing kinerja kita ke depan agar mampu
mewujudkan sekolah yang mencapai 8 Standar Nasional pendidikan.
No comments:
Post a Comment